BREASTFEEDING · TIPS

Penyusuan susu ibu:7 Fakta & Mitos yang perlu anda ketahui

Orang kita ni memang banyak pantang larang, kdg2 ada yang betul, ada yang tidak..main ikut2 je kan..tentang penyusuan ni mcm2 kita dengar, itu tak boleh, ini mesti buat..Ada yang kata susu ibu ni bergantung pada size payudara lah, pastu susu belah kanan ‘nasi’ lah, belah kiri air lah..mcm2 kan..Hari ni Adaa nk share 7 je dulu..

7 Fakta dan Mitos penyusuan Ibu

Menyusui akan mengakibatkan payudara kendur

Fakta: Salah! Payudara membesar disebabkan kantung-kantung ketika menyusui, otot-otot dalam payudara berkontraksi untuk mengeluarkan  ASI dari payudara sehingga kantung-kantung kosong dan kembali ke ukuran semula. Bila menyusukan secara berkala, maka volume ASI maksimal dalam payudara perlahan-lahan akan berkurang lalu payudara akan menyesuaikan ke ukuran idealnya.

Payudara berukuran kecil, tidak banyak menghasilkan banyak susu

Fakta: Ukuran payudara dibezakan oleh jumlah lemak dalam payudara. Makin banyak lemaknya, makin besar ukurannya. Namun, kemampuan payudara untuk memproduksi ASI tetap sama. Volume ASI dalam payudara ditentukan oleh jumlah yang dihisap. Makin sering bayi mengisap efektif, makin cepat ASI diproduksi dan payudara makin cepat terisi optimal.

Kolostrum/ASI pertama adalah susu basi

Fakta: Tidak benar! Kolostrum adalah cairan dengan nilai gizi sangat tinggi, serta mengandung zat-zat kekebalan yang sangat berguna melindungi bayi dari berbagai kuman yang membahayakan pada hari-hari pertama bayi lahir.

Ibu melahirkan cesar tidak dapat memberikan ASI pertamanya

Fakta: Justru segera setelah bayi lahir, kolostrum dapat dan harus segera diberikan karena kandungan gizinya berkurang setiap hari sampai akhirnya transisi menjadi ASI matang. Perubahan dari kolostrum menjadi ASI transisi lalu ASI matang diawali dengan lepasnya plasenta/ari-ari dari rahim ibu. Jadi ibu melahirkan cesar tetap dapat memberikan ASI pertamanya.

ASI bisa berubah rasa dan warna

Fakta: Benar, rasa ASI dapat berubah-ubah sesuai dengan makanan Ibu, sedangkan warna cenderung kecil perubahannya. Perubahan rasa ASI ini menguntungkan dalam hal memperkenalkan aneka makanan keluarga pada bayi. Jadi ketika bayi mulai mengenal makanan padat, ia tidak akan asing lagi terhadap rasa-rasa tersebut.

Payudara kanan mengandung makanan dan yang kiri minuman

Fakta: Bukan payudara kiri dan kanan yang memiliki perbedaan kandungan menyerupai makanan dan minuman, melainkan “waktu” ASI yang keluar dari payudara. ASI yang keluar pertama dari payudara (ASI awal) akan lebih jernih seperti air kelapa karena tinggi kandungan protein dan air. Sedangkan ASI yang keluar belakangan dari payudara (ASI akhir) tinggi kandungan lemak dan karbohidratnya.( inilah hindmilk n foremilk)

Ibu menyusui yang sedang sakit aman jika mengonsumsi obat

Fakta: Ada beberapa faktor yang menentukan keberadaan obat dalam ASI, misalnya ukuran molekul, kemampuan berikatan dengan lemak atau protein, waktu paruh obat – waktu yang dibutuhkan sehingga setengah dari obat dibuang dari tubuh – dan sebagainya. “Sisa” obat yang masih bisa ditemukan dalam ASI pun harus melalui proses pencernaan dalam usus bayi untuk bisa berada dalam sirkulasi bayi. Sehingga, mayoritas jenis obat bebas dapat dikonsumsi ibu yang menyusui.( kesimpulannya, boleh mkn ubat walaupun menyusukan bayi..kalau antibiotik pula pastikan ambil yang selamat utk bf dan tak effect susu ibu)


extracted n edited from here

* These statements have not been evaluated by the Food and Drug Administration. These products are not intended to diagnose, treat, cure, or prevent any disease
 

Sila hubungi Adaa untuk sebarang pertanyaan:
adaanoor@ymail.com
017-9329859

Advertisements

Sudi-sudilah memberi komen positif ye dan jangan lupa 'share' jika anda rasa ianya berguna , tQ

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s